Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong tetap bekerja secara optimal dan prima dalam melakukan pemeriksaan keimigrasian usai libur panjang Idul Fitri 1445 H.

"Tercatat mulai dari hari Jumat  tanggal 12 April sampai pada hari ini, Selasa 16 April 2024 berjumlah total 3.927 orang Warga negara Indonesia dan total 1.020 Warga Negara Asing berangkat ke luar negeri melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi pada PLBN Entikong. Sedangkan untuk arus balik dengan tempo yang sama pada kedatangan dari luar negeri tercatat berjumlah 7.811 orang Warga Negara Indonesia dan 277 Warga Negara Asing yang datang ke Indonesia melalui PLBN Entikong."ungkap kepala kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong,Sam Fernando, Selasa (16/4/2024).

Disampaikan Sam Fernando bahwa, pelayanan pemeriksaan yang prima ini dilakukan Petugas Imigrasi pada Tempat Pemeriksaan Imigrasi dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong dengan menyiagakan petugasnya pada semua lini pemeriksaan keimigrasian, dan menambahkan beberapa petugas yang harusnya sedang cuti Lebaran untuk dapat membantu pemeriksaan keimigrasian pada arus perlintasan luar negeri pada momen libur Idul Fitri ini.

Selain itu Petugas pada tempat pemeriksaan imigrasi Entikong juga memberikan pemeriksaan prioritas kepada Lansia dan Ibu serta anak balita yang terlihat pada antrean pemeriksaan keimigrasian. Pemeriksaan yang humanis ini dilakukan agar para Pelaku Perjalanan Luar Negeri dengan kategori tersebut merasakan kenyamanan dalam pemeriksaan keimigrasian merasakan pemeriksaan yang Ramah HAM.

Tak hanya memaksimalkan pelayanan pada pemeriksaan keimigrasian, akan tetapi kantor imigrasi kelas II TPI Entikong juga memaksimalkan pengawasan dalam pemeriksaan, hal ini ditujukan agar Warga Negara Indonesia yang hendak keluar wilayah Indonesia adalah yang berkualitas dan agar tidak menjadi korban tindak pidana perdagangan orang, terbukti dengan sudah terdapat beberapa orang yang diberikan penolakan keberangkatan ke luar negeri pada tempat pemeriksaan imigrasi Entikong pada momentum libur Idul Fitri ini.

"Dalam hal integrasi dan kemudahan pada perlintasan pelaku perjalanan luar negeri, kantor imigrasi kelas II TPI Entikong juga memaksimalkan sinergi dengan stakeholder terkait khususnya CIQS (Custom, Imigrasi, Quarantine/karantina dan Security yaitu TNI-POLRI). Hal ini dilakukan agar tercipta kenyamanan, keamanan dalam pemeriksaan perlintasan luar negeri khususnya pada PLBN Entikong", ucap Sam Fernando. 

Sumber : Agus Alfian
Publisher : Darius Tarigan