ANTUSIAS MASYARAKAT MARITIM PONTIANAK IKUTI SERBUAN VAKSINASI TNI AL YANG DI GELAR LANTAMAL XII DI PELABUHAN SHENG HIE HARI KE DUA

 

Pelaksanaan vaksin Covid 19 terhadap masyarakat maritim, Rabu (4/8/2021) pada serbuan vaksinasi TNI AL yang dilaksanakan oleh Lantamal XII di  Pelabuhan Sheng Hei di Jl. Tanjungpura Pontianak tetap ramai dikunjungi oleh masyarakat, walaupun vaksinasi tersebut hanya diperuntukan bagi peserta yang akan menerima vaksin dosis ke dua.

Pada serbuan vaksinasi hari kedua ini Lantamal XII menyiapkan 120 vial vaksin jenis Sinovac dosis kedua. Dalam pelaksanaannya tetap bersinergi dengan tenaga kesehatan dari Pemerintah Daerah, TNI POLRI dan instansi lainya. Partisipasi tersebut terlihat dengan banyaknya vaksinator yang mengikuti sehingga pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan cepat sesuai target yang diharapkan. 

Vaksinator yang berpartisipasi dari Lantamal XII sebanyak 2 tim yang terdiri dari 12 orang tenaga kesehatan yang dipimpin oleh Kadiskes Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp.Pros., juga di bantu oleh vaksinator dari Kesdam XII Tanjungpura sebanyak 1 tim (6 orang), Lanud Supadio 1 tim (6 orang), Dinkes Prov. Kalbar 1 tim (6 orang), KKP 1 tim (6 orang), Puskesmas Perum 1, 1 tim (6 orang), Puskesmas Perum Dua 1 tim (6 orang), Puskesmas Pal Lima 1 tim (6 orang) dan vaksinator dari Dokes Polda Kalimantan Barat. 

Komandan Lantamal XII Pontianak Brigjend TNI Marinir Andi Rukman ikut turun melakukan pemantauan dan peninjauan secara langsung kegiatan dilapangan menyampaikan bahwa, banyaknya minat masyarakat mengikuti vaksinasi ini, di karenakan sebagian besar masyarakat Pontianak telah menerima vaksin dosis pertama, baik yang pernah di laksanakan oleh Lantamal XII maupun yag di gelar di tempat-tempat yang diselenggarakan oleh instansi lain. Sehingga pada penerimaan dosis kedua ini mayoritas dari kesadaran masyarakat itu sendiri untuk datang mengikuti program serbuan vaksinasi. 

Andi Rukman tetap menghimbau bagi yang sudah divaksin agar tetap melaksanakan protokol kesehatan, karena walaupun sudah di vaksin bukan jaminan tidak akan terkena Covid 19.

Serbuan vaksinasi untuk masyarakat maritim yang dilakukan di Wilayah kerja Lantamal XII Pontianak merupakan implementasi arahan dari pimpinan TNI AL, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kepada seluruh jajaran dalam menyukseskan program pemerintah, guna mencegah penyebaran virus corona, meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat Indonesia. Kegiatan ini sejalan dengan target pemerintah melalui program 1 Juta vaksin perhari.

Peserta vaksin pada hari kedua serbuan vaksinasi TNI AL yang digelar di Pelabuhan Sheng Hie hari kedua ini, jumlahnya lebih banyak dari pelaksanaan hari pertama yang mencapai 1.100 dosis vaksin yang di suntikan. Dihari kedua ini sebanyak 1.200 dosis vaksin jenis Sinovac dosis kedua yang telah disuntikkan. 

Masyarakat yang mengikuti vaksinasi ini datang dari berbagai daerah, bahkan tidak hanya dari Kalimantan Barat akan tetapi juga dari para pendatang seperti pulau Jawa dan Sulawesi. 


Penulis : Darius Tarigan















0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .