Pemerintah Kabupaten Kayong Utara melalui Asisten Administrasi Umum (Asisten 3) Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara Muhammad Oma, mewakili Penjabat Bupati Kayong Utara Romi Wijaya, bersama Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Kayong Utara Kompol Aris Sutrisno, Dinas Pertanian dan Pangan (Dispangan), dan Inspektorat Kayong Utara mengikuti zoom meeting Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan Polri, Kamis (25/04/2024).

Zoom meeting tersebut dilaksanakan di ruang Command Center Polres Kayong Utara. Nota kesepahaman ini bertujuan untuk memperkuat sinergi dalam pemeliharaan keamanan pada pelaksanaan program pembangunan pertanian dalam rangka kedaulatan pangan.

Dengan adanya nota kesepahaman ini, Polri melalui Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang sudah dibentuk siap melakukan penegakan hukum bila terjadi penyimpangan di bidang pertanian.

Penandatanganan nota kesepahaman dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi dan Menteri Pertanian RI H Dr Ir Andi Amran Sulaiman MP.

Dalam sambutannya, Kapolri Listyo Sigit menyampaikan bahwa saat ini dibutuhkan kebersamaan untuk menyamakan persepsi dalam menghadapi krisis pangan yang diakibatkan oleh salah satunya badai El Nino.

"Saat ini dibutuhkan kebersamaan untuk menyamakan persepsi. Kita menghadapi hal yang sama krisis pangan diakibatkan oleh salah satunya badai El Nino," kata Listyo Sigit.

Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa Kementan tengah menjalankan berbagai macam program seperti pupuk dan bibit gratis hingga mengembangkan area sawah. Untuk itu, pihaknya dengan sungguh-sungguh meminta bantuan kepada Polri untuk memberikan bantuan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mengatasi berbagai permasalahan ketahanan pangan.

"Swasembada bukan sesuatu yang sulit bagi negeri kita yang penting kita berkolaborasi," ujar Andi Amran Sulaiman.

Pejabat Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya, melalui Asisten Administrasi Umum (Asisten 3) Sekretariat Daerah Kabupaten Kayong Utara Muhammad Oma, menyampaikan komitmennya untuk mendukung penuh pelaksanaan nota kesepahaman ini.

"Pemerintah Kabupaten Kayong Utara siap bersinergi dengan Polri dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Kayong utara. Kami akan mendukung penuh pelaksanaan nota kesepahaman ini agar tercipta ketahanan pangan yang kuat dan berkelanjutan di Kayong Utara," ujar Muhammad Oma.

Muhammad Oma juga menegaskan bahwa Pemkab Kayong Utara akan terus berupaya untuk meningkatkan produksi pangan dan memastikan distribusi yang merata kepada masyarakat.

"Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan produksi pangan dan memastikan distribusi yang merata kepada masyarakat. Dengan demikian, diharapkan masyarakat Kayong Utara dapat terhindar dari krisis pangan," tambah Muhammad Oma.

Sinergi antara Pemkab Kayong Utara dan Polres Kayong Utara ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya dalam menjaga ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sinergi antara Polri, dan Kementan ini diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan di Indonesia secara keseluruhan dan khususnya kabupaten Kayong Utara.

Sumber : Prokopim Setda KKU
Publisher : Darius Tarigan