Sebanyak 75 calon jemaah haji Kabupaten Kayong Utara Tahun 2024 mengikuti bimbingan manasik haji yang berlangsung di Balai Nirmala Sukadana, Kamis (25/04/2024). 

Pelaksanaan manasik haji ini, secara resmi dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setda Kabupaten Kayong Utara Erwin Sudrajat. 

Dalam sambutannya, Asisten II Erwin mengatakan manasik haji ini, untuk memberikan pemahaman dan pembekalan kepada calon jemaah haji tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan tuntunan agama. 

Selain itu, Asisten II juga memberikan beberapa pesan kepada calon jemaah haji Kabupaten Kayong Utara. 

"Pertama saya sampaikan pemerintah Kabupaten Kayong Utara dengan segala keterbatasnya berupaya memaksimalkan memberikan pelayanan kepada calon jemaah haji baik sebelum berangkat ke tanah suci maupun kembali ke tanah air," kata Erwin. 

"Kemudian, jaga kesehatan dan mematuhi ptotokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah, perkokoh rasa ukhuwah islamiyah terhadap sesama calon jemaah haji serta hendaknya calon jemaah haji memahami dan melaksanakan nilai-nilai yang tersirat dan tersurat dalam kegiatan ibadah haji," tambah Erwin. 

Sementara itu, Asisten II juga menyampaikan pada tahun 2024 ini, meski dengan keterbatasan anggaran, pemerintah Kabupaten Kayong Utara kembali memberangkat satu orang Petugas Haji Daerah (PHD). 

"Alhamdulillah dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, pada tahun 2024 ini pemerintah Kabupaten Kayong Utara kembali memberangkatkan satu Petugas Haji Daerah. Harapan petugas haji daerah ini, dapat memahami peran dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada calob jemaah haji Kabupaten Kayong Utara dalam melaksanakan rangkaian kegiatan ibadah haji," papar Erwin.

Sumber : Prokopim Setda KKU 
Publisher : Darius Tarigan