Lantamal XII Pontianak kembali melaksanakan serbuan vaksin bagi masyarakat maritim di pelabuhan Seng Hei Jl. Tanjungpura Kota Pontianak yang sebelumnya juga pernah dilaksanakan kegiatan yang sama selama 2 hari pada bulan lalu, (6-7 Juli 2021).

Dengan menyediakan dua jenis vaksin yaitu 92 Vial Sinovak dan Astrazeneka 5 vial masing-masing untuk dosis ke 2, melibatkan tenaga kesehatan dari beberapa satuan dan instansi seperti dari Diskes Lantamal XII 2 tim (12 orang), Kesdam XII Tanjungpura 1 tim (6 orang), Lanud Supadio 1 tim (6 orang), Dinkes Prov. Kalbar 1 tim (6 orang), KKP 1 tim (6 orang), Puskesmas Perum 1, 1 tim (6 orang), Puskesmas Perum Dua 1 tim (6 orang), Puskesmas Pal Lima 1 tim (6 orang) dan Puskesmas Paritmayor 1 tim (6 orang).

Komandan Lantamal XII Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman pada kesempatan peninjauan dengan didampingi unsur Forkopimda Provinsi Kalbar, Pemkot Pontianak, Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, DR. Firdaus Zar'in, S.Pd., Msi., Kepala Kantor Cabang BRI Barito, Ketua Korcab XII beserta Pengurus Daerah Jala Senastri 1 dan pejabat utama Lantamal XII menyampaikan, serbuan vaksinasi TNI AL ini adalah pelaksanaan tahap kedua bagi masyarakat yang belum menerima vaksin dosis kedua. Kegiatan serbuan vaksinasi TNI AL ini dilaksanakan dalam rangka kepedulian Lantamal XII membantu pemerintah daerah maupun pusat untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Danlantamal XII juga menyampaikan bahwa serbuan vaksin untuk masyarakat maritim yang dilakukan di Wilayah kerja Lantamal XII Pontianak merupakan implementasi arahan dari pimpinan TNI AL, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. kepada seluruh jajaran dalam menyukseskan program pemerintah, guna mencegah penyebaran virus corona, meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat Indonesia, dengan melaksanakan serbuan vaksin Covid-19 sesuai dengan target pemerintah 1 Juta vaksin perhari. 

Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman juga memerintahkan seluruh personel untuk menyukseskan kegiatan vaksinasi masyarakat maritim di pelabuhan Seng Hei dengan target vaksin  sebanyak seribu lebih dosis pada hari pertama dan 1.600 lebih pada hari ke dua. 

Pada pelaksanaan Vaksinasi hari pertama ini (Selasa, 3/08/21) yang sudah disuntikkan kepada masyarakat sebanyak 1.100 vaksin. Peserta yang ikut vaksinasi pada kegiatan hari ini  merupakan peserta dosis ke 2 yang berasal dari Kota Pontianak, Kubu Raya. masyarakat yg telah mendapatkan dosis pertama di tempat lain dan masyarakat dari luar seperti dari Kabupaten Mempawah dan bahkan yang berasal dari provinsi Makasar. 

Kegiatan vaksinasi berjalan dengan tertib, aman dan lancar, serta tetap menerapkan protokol kesehatan 5M guna pencegahan penyebaran covid- 19 selama dalam pelaksanaan. 


Sumber : Dispen Lantamal XII Pontianak