Lantamal XII Pontianak kembali menurunkan tim vaksinator dibawah pimpinan Kepala Dinas Kesehatan Lantamal XII, Letkol Laut (K) drg. Heru Subagyo, Sp. Pros., bersinergi dengan Satgas Covid-19 Pemprov Kalimantan Barat, serta unsur TNI/Polri untuk melaksanakan rerbuan vaksinasi terhadap masyarakat Kota Pontianak di Grand Mall Ayani Jl. Jenderal Ahmad Yani No.4, Parit Tokaya, Kec. Pontianak Sel., Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kamis (26/08/2021). 


Komandan Latamal XII Pontianak Brigjend TNI (Mar) Andi Rukman, menyampaikan bahwa serbuan vaksinasi tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Lantamal XII ikut mendukung dengan turut melibatkan tenaga vaksinator dalam vaksinasi tersebut. Program vaksinasi ini merupakan upaya proaktif Lantamal XII yang selalu siap mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain itu ikut serta mendukung akselerasi pemulihan kesehatan masyarakat. Melalui pemberian vaksin daya tahan tubuh masyarakat akan lebih kuat dalam menangkal virus Covid-19.


Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, beberapa waktu yang lalu mengapresiasi kegiatan vaksinasi massal yang diselenggarakan organisasi masyarakat yang bekerja sama dengan pemerintah daerah, TNI, dan Polri. Dengan gencarnya kegiatan seperti ini, dia berharap target vaksinasi di Kalimantan Barat bisa mencapai 70 persen dan mempercepat terwujudnya kekebalan komunal (Herd immunity) di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya.


Dalam pelaksanaan serbuan vaksinasi ini Diskes Lantamal XII menurunkan 1 tim vaksinator, dan dalam pelaksanaan ini disiapkan sejumlah 70 vial jenis sinovac tahap satu dan tahap dua. Kegiatan  serbuan vaksinasi ini tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Setiap masyarakat yang akan divaksin terlebih dahulu diperiksa kesehatannya, dan bagi yang memenuhi syarat kondisi kesehatannya, tim vaksinator satgas gabungan covid-19 Pemprov Kalbar akan melakukan vaksinasi.

Penulis : Darius Tarigan