Dalam rangka menyambut Hari Jadi Ke-76 TNI AL yang jatuh pada tanggal 10 September 2021, Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) XII Pontianak yang dipimpin langsung oleh Danlantamal XII Brigjen TNI (Mar) Andi Rukman, melaksanakan Serbuan Vaksinasi terhadap masyarakat Kota Pontianak, yang dilaksanakan di halaman Tugu Khatulistiwa, Pontianak Utara, Kamis (09/09/2021)


Serbuan Vaksin Covid-19 ini dilaksanakan serentak oleh seluruh Kotama TNI AL dan jajaran.  Hal ini merupakan perintah langsung Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M, bahwa TNI AL tetap konsisten mendukung program pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. 


“Serbuan Vaksin yang dilaksanakan saat ini, sengaja dilakukan disalah satu icon Provinsi Kalimantan Barat, yakni Tugu Khatulistiwa, sebagai simbol Keberadaan Lantamal XII di Pontianak hadir guna mendukung program pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah guna mempercepat proses penangganan pandemic Covid -19”. Demikian tegas Danlantamal XII disela-sela beliau melakukan peninjauan di Lokasi Tugu Khatulistiwa. 


"Selain itu juga Brigjen Andi (Mar) Andi Rukman menyatakan bahwa TNI berasal dari Rakyat, Oleh Rakyat dan Untuk Rakyat. TNI AL selalu hadir di tengah masyarakat", ujarnya.


Puncak perayaan Hari Jadi Ke-76 TNI AL ini, akan diselenggarakan secara sederhana pada Jumat, (10/09/2021) membawa tema "Dengan semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," 


Lantamal XII Pontianak, selain melaksanakan Serbuan Vaksinasi di Tugu Khatulistiwa, juga telah melaksanakan beberapa kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan dibeberapa tempat di wilayah Pontianak. Diantaranya adalah Bakti Sosial dengan memberikan sembako dan Al-Quran kepada warga masyarakat serta warakawuri TNI AL, pembuatan parit, pembuatan embung di kelurahan Batu Layang dan pembersihan Tugu Khatulistiwa, serta serbuan vaksinasi di SMAN 2 Pontianak Jl. RE Martadinata Kota Pontianak terhadap pelajar kota Pontianak, yang dilaksanakan pada rabu (08/09/2021).


Tidak ketinggalan jajaran Lantamal XII Pontianak melaksanakan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya Jl. Adi Sucipto, Kel. Sungai Raya, Kec. Sungai Raya, Kab. Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat, Kamis pagi (09/09/2021).


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I