Tingkatkan Kesadaran Hukum, Kodim Sintang Terima Penyuluhan Hukum dari Kumdam XII/Tanjungpura


Anggota Kodim 1205/Sintang menerima penyuluhan hukum dari Tim penyuluh hukum Kumdam XII/Tanjungpura dengan Tema “Melalui penyuluhan hukum kita tingkatkan kesadaran hukum prajurit guna meminimalisir tingkat pelanggaran di satuan TNI AD”, yang dilaksanakan di Aula Makodim 1205/Sintang, Jalan Ksatria, Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kamis (10/02/2022).


Personel TNI AD kedepan dihadapkan dengan tugas yang semakin kompleks, untuk itu prajurit harus memahami dan memiliki pengetahuan tentang hukum bukan hanya dibidang tugas keprajuritan, akan tetapi juga diluar bidang tugas keprajuritan.


"Kegiatan penyuluhan hukum di lingkungan TNI AD khususnya Kodim 1205/Sintang sangat perlu dilakukan secara berlanjut, agar prajurit memahami tentang hukum, baik yang tertulis dalam KUHP, KUHPM, UU Ite, dan hukum disiplin lainnya karena kesadaran hukum harus menjadi budaya dalam kehidupan prajurit", tutur DR (Can) Boedi Prasetyo, S.Sos, S.H., M.H dalam paparannya.


Pada kesempatan tersebut Ketua Tim penyuluh hukum Kodam XII/Tpr, DR (Can) Boedi Prasetyo, S.Sos, S.H., M.H mengatakan, kegiatan penyuluhan merupakan program kerja bidang personel utamanya dalam bidang penegakan hukum.


Adapun materi penyuluhan antara lain tentang Informasi Transaksi Elektronik, Tindak pidana Asusila, Tindak pidana Penganiayaan, Kekerasan dalam rumah tangga dan Lalulintas dan Angkutan Darat.


Sebagai anggota TNI harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat, prajurit juga harus menghindari terjadinya pelanggaran-pelanggaran dilingkup militer apalagi tindak kejahatan yang berkaitan bersinggungan dengan hukum.


Selain itu, Ketua Tim Hukum yang juga menjabat sebagai Kalak Dukbankum Kumdam XII/Tpr juga mengingatkan kepada seluruh peserta agar bijak menggunakan aplikasi media sosial sesuai dengan perintah Kasad.


"Prajurit harus bisa bertanggung jawab didalam posisi masing- masing sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagaimana mestinya dan tidak melakukan tindakan diluar kepatutan", pungkasnya.


Sumber : Pendim 1205/Stg

(Media Baru TVRI Kalbar)










0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .