Babinsa Koramil 12/Kayan Hulu melaksanakan patroli di lahan-lahan kebun masyarakat untuk mencegah dan melaksanakan sosialisasi dari rumah ke rumah warga masyarakat di Desa Nanga Tebidah, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Sintang guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan, Kamis (10/03/2022).


Selain itu, Babinsa Kayan Hulu, Serda Syafii dan Praka Doni juga melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat yang bekerja dilahan kebun agar tidak membakar lahan atau membuka lahan baru dengan cara membakar.


“Mari kita jaga hutan kita tetap lestari, karena hutan merupakan paru-paru dunia, karena membakar hutan dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan pencemaran udara,” ujarnya.


Lebih lanjut, Serda Syafii mengatakan bahwa sekarang ada undang-undang ataupun sanksi bagi yang melakukan pembakaran hutan dan lahan, walaupun yang kita bakar tersebut merupakan lahan milik sendiri.


“Untuk itu, mari kita bergandengan tangan dan bersama-sama menjaga hutan dan lahan dengan tidak membakar dan membuka lahan baru, demi masa depan anak cucu kita nanti,” pungkas Babinsa.


Sumber : Pendim 1205/Stg

(Media Baru TVRI Kalbar)