Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto.,S.H.,M.Si.(Han).,CIQnR.,CIQaR menyambut langsung kedatangan Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati.,S.E.,M.Tr(Han) yang melaksanakan kunjungan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat di VIP Pemda Bandara Supadio, Kel. Arang Limbung, Kec. Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya.

Kunjungan tersebut dalam rangka Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Perwira Siswa Pendidikan Reguler Seskoal Angkatan Ke-60 TA. 2022, Kamis (19/5/2022).


Rombongan Danseskoal disambut dengan musik dan tarian khas adat Dayak dan dilanjutkan dengan pengalungan Syal.

Kemudian Danseskoal melaksanakan kunjungan ke Kodam XII/Tpr dan disambut oleh Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Djauhari.,S.E.,M.M didampingi oleh Aspers Kasdam XII/Tpr, Kolonel Inf Riksani Gumay.,S.I.P.,M.A.P mewakili Pangdam XII/Tpr di Ruang Koridor Gedung A Makodam XII/Tpr.


Kasdam XII/Tpr juga mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Kodam XII/Tpr untuk pelaksanaan program KKDN Pasis Dikreg Seskoal.

Dan sebaliknya Danseskoal, Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati.,S.E.,M.Tr(Han) menyampaikan hal yang sama atas penyambutan dirinya dan rombongan.

Danseskoal mengucapkan terima kasih kepada Kodam XII/Tpr yang telah memberikan dukungan dalam program KKDN Pasis Dikreg Seskoal kemarin.


Selanjutnya Danseskoal melaksanakan kunjungan di Pemprov. Kalimantan Barat dan bertemu langsung dengan Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyambut baik KKDN dari Pasis Seskoal di Kalbar.


Dalam konferensi persnya usai melaksanakan pertemuan dengan Gubernur Kalbar, Danseskoal menyampaikan, Kalimantan Barat dipilih menjadi lokasi KKDN Forum Strategi II dikarenakan Ibu kota Negara Indonesia akan berpindah ke Kalimantan. Oleh sebab itu pihaknya dari TNI AL saat ini sedang membuat konsep pertahanan laut dari sisi Barat.


“Kami melihat dan membuat konsep pertahanan laut dari sisi barat, oleh karena itu kami mohon dukungan kepada Gubernur untuk bisa mewujudkan pertahanan di wilayah barat itu. Apa dan bagaimana, jadi nanti kami juga akan melaporkan kepada Gubernur kaitannya dengan hasil penelitian dan analisis para Pasis untuk Kalimantan Barat bagaimana sebaiknya,” tutur Danseskoal.


Selain di Kalbar, peserta didik dari Seskoal juga melaksanakan KKDN di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.


"Nantikan hasilnya akan juga disampaikan ke kita, sehingga mungkin nanti ada hal - hal yang perlu ditindaklanjuti dalam rangka menyongsong perpindahan Ibu kota negara Indonesia," tutur Gubernur Kalbar. 


Danseskoal menjelaskan, pasis ini terdiri dari tiga titik di Kalimantan, yaitu di Pontianak dari wilayah Barat, Balikpapan dari sisi Alki dan Tarakan dari sisi Utara, khususnya yang sama dengan Kalimantan Barat berbatasan dengan Malaysia.


“Untuk Lantamal XII Pontianak sendiri memang harapannya konsepnya berubah menjadi Komando Daerah Maritim (Kodamar) yang dikomandoi bintang dua, karena disitu ada lagi aspek pertahanan pantai, dan kita berfikir dari aspek laut bagaimana mempertahankan Kalimantan Barat dari kemungkinan ancaman dari laut wilayah Barat Kalimantan,” tutup Danseskoal.


Sumber : Dispen Lantamal XII Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)