Tingkatkan Sinergi Dengan Pramuka Dalam Mewujudkan Sambas Terunggul di Kalbar


Bupati Sambas, Satono, didampingi Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi, menghadiri pelantikan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwartir Cabang (Kwarcab) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Pramuka Kwarcab Kabupaten Sambas masa bakti 2021-2026, di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Jumat (10/6/2022).


Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Ferry Madagaskar, Ketua Kwartir Daerah (Kakwarda) Pramuka Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Abdullah Alkadrie, Forkopimda Sambas, Kepala SKPD terkait, dan Pengurus Pramuka Kabupaten Sambas.


Bupati Satono mengatakan, Kabupaten Sambas dengan populasi terbesar kedua di Provinsi Kalbar setelah Kota Pontianak, punya nilai tersendiri untuk membangkitkan semangat membangun daerah lewat peran Pramuka.


Dia mengatakan, pasca pemekaran Kabupaten Sambas sudah gonta-ganti kepala daerah. Melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang begitu luas, Sumber Daya Manusia (SDM) yang tidak kalah dengan daerah lain, garis pantai yang begitu panjang, Bupati Satono optimis Kabupaten Sambas akan menjadi kabupaten terunggul di Provinsi Kalimantan Barat.


Bupati Satono menegaskan, untuk menjadikan Kabupaten Sambas kabupaten terunggul di Kalimantan Barat, perlu sinergi antara seluruh komponen, salah satunya adalah Pramuka. Untuk itu dia minta Pramuka di Kabupaten Sambas turut serta membangun daerah lewat perannya di masyarakat.


"Pramuka adalah organisasi yang sudah tua di dunia maupun Indonesia. Tapi eksistensinya sangat luar biasa, terus hidup dan menggelora. Berisi sosok pemuda-pemudi yang berperan dalam membangun bangsa. Saya berpesan agar Pramuka di Kabupaten Sambas terus bersemangat mempertahankan eksistensi," katanya.



Sementara itu, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi sekaligus Ketua Kwartir Pramuka Cabang Sambas mengatakan, Gerakan Pramuka punya gerakan yang sama dengan Pemerintah Kabupaten Sambas hari ini, yaitu membina generasi muda.


"Hari ini Gerakan Pramuka Kabupaten Sambas sudah resmi memiliki pengurus baru. Saya harap Gerakan Pramuka di Kabupaten Sambas hidup kembali, karena Pramuka ini sangat sinergis dengan visi misi Sambas Berkemajuan," katanya.


"Pramuka ini gerakannya membina generasi muda, dan visi misi Sambas Berkemajuan juga memiliki item membina generasi muda di Kabupaten Sambas. Artinya ada sinergi, visi misi Kabupaten Sambas dan Gerakan Pramuka bisa berjalan beriringan," pungkasnya.


Sumber : Humas Kab. Sambas 

(Media Baru TVRI Kalbar)




0 comments :

Copyright © 2013 TVRI Kalimantan Barat .