Dalam upaya mengatasi kesulitan warga nelayan di Pulau Meledang, Bupati Kayong Utara, Citra Duani bersama sejumlah OPD di lingkungan Pemda Kayong Utara dan juga bekerjasama dengan BPD Kalbar Cabang Sukadana melalui dana CSR bergotong royong untuk membangun alur perahu di pulau tersebut.


Alur ini dibangun disamping untuk mengantisipasi akibat dari cuaca yang kurang baik, serta untuk memudahkan keluar masuk perahu nelayan. Karena ketika air laut surut, maka seluruh perahu nelayan tersebut akan sulit untuk didekatkan ke bibir pantai pulau Meledang, sehingga mengharuskan perahu-perahu nelayan dilabuhkan cukup jauh dari bibir pantai. 


Oleh karena itu, melalui kegiatan Safari Ramadhan Pemda Kayong Utara di Kecamatan Kepulauan Karimata ini, Bupati Citra bersama rombongan menyempatkan diri untuk mengunjungi dan bersilaturahmi ke pulau tersebut yang juga termasuk bagian dari wilayah Dusun Raya, Desa Pelapis, Kecamatan Kepulauan Karimata.



Secara bergantian, Bupati Kayong Utara beserta rombongan dijemput dengan perahu nelayan pulau Meledang dikarenakan speedboat yang digunakan tidak dapat merapat ke dermaga. Meskipun telah dijemput dengan perahu nelayan tetap saja perahu tersebut tidak dapat menjangkau hingga ke bibir pantai. Akibatnya Bupati Citra beserta rombongan masih harus turun mengarungi air laut dengan jarak yang cukup jauh ketika hendak mencapai bibir pantai. 



Dilatar belakangi oleh keluhan warga nelayan pulau Meledang melalui kondisi tersebut, maka untuk menyerap aspirasi warganya, Bupati Citra dalam kesempatan itu melakukan diskusi bersama warga nelayan pulau Meledang guna mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi, Rabu (29/3/2023). 


"Dana yang diperlukan untuk membangun alur perahu nelayan tersebut sebesar Rp. 25.000.000, sementara itu dana yang telah tersedia melalui bantuan dana CSR dari BPD Kalbar Cabang Sukadana sebesar Rp. 5.000.000. Sedangkan untuk sisanya lagi sebesar Rp.20.000.000 akan dibagi secara  gotong royong bersama beberapa OPD di lingkungan Pemda Kayong Utara untuk mencukupi biaya pembuatan alur tersebut", jelas Citra.


Sumber : Prokopim

(Media Baru TVRI Kalbar)