Hari pertama Tugas Operasi Satgas Pamtas RI-Malaysia Yon Armed 10/Bradjamusti mengikuti tradisi adat penerimaan oleh pengurus adat Kecamatan Badau, Rabu (24/05/2023).

Setiap daerah tentunya memiliki acara tradisi adat masing-masing. Secara umum, adat istiadat merupakan sikap serta kelakuan seseorang yang telah diikuti oleh orang lain dalam sjangka waktu yang cukup lama. Adat istiadat idealnya mampu mencerminkan jiwa dan kepribadian suatu daerah.


Begitu halnya dengan tradisi adat penerimaan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yon Armed 10/Bradjamusti yang dilaksanakan di Pos Kotis Badau.

Pelaksanaan acara tradisi tersebut di awali dengan tradisi pemotongan bambu oleh Dansatgas Yonarmed 10/Bradjamusti Mayor Arm Ady Kurniawan, M. Han., Kemudian dilanjutkan melangkah masuk melewati gerbang Kotis diikuti oleh seluruh personel Kotis.



Adapun arti dari tradisi tersebut adalah agar kedepannya Satgas Pamtas RI-Malaysia Yon Armed 10/Bradjamusti dapat diberikan kelancaran dalam melaksanakan tugas kedepannya dan dijauhkan dari bala bencana.


Dansatgas Yonarmed 10/Bradjamusti Mayor Arm Ady Kurniawan, M. Han., menyampaikan kepada seluruh personel agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab.


"Laksanakan binter kepada masyarakat dengan baik, serta bantu kesulitan rakyat sekitar. Sehingga kehadiran kita dapat di rasakan oleh masyarakat", kata Dansatgas.


Dansatgas menyambut baik tradisi yang dilakukan masyarakat Kecamatan Badau sebagai simbol sinergitas dalam menjaga wilayah perbatasan dengan semua elemen bangsa di wilayah penugasan.

Turut hadir dalam acara tersebut tokoh masyarakat Badau Hidayat, Tumenggung Ubang, Patih Untam dan Patih Inkai.


Sumber : Pen Satgas Pamtas Yonarmed 10/Bradjamusti

(Media Baru TVRI Kalbar)