Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kayong Utara Tahun 2025 dengan tema Meningkatkan Ekonomi Inklusif Dan Berkelanjutan, bertempat di Pondopo Bupati, Sukadana, Rabu (27/03/2024). 

Acara ini, dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara Rene Rienaldy dan turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Barat Ignasius IK beserta jajaran serta unsur Forkopimda Kayong Utara dan tamu undangan. 

Dalam sambutannya, Pj Sekda Rene menyampaikan Musrenbang memiliki arti yang sangat penting sebagai wadah penyampaian aspirasi masyarakat juga sebuah forum koordinasi dan konsultasi antara pemangku kepentingan untuk menyusun kebijakan, program serta kegiatan pembangunan daerah. 

"Musrenbang ini, akan menetapkan pokok-pokok prioritas program dan kegiatan pembangunan yang menjadi prioritas utama masyarakat Kabupaten Kayong Utara dalam jangka waktu 1 tahun ke depan serta untuk 20 ke depan guna menyambut Indonesia emas tahun 2045," ungkap Rene. 

Selain itu, Proritas pembangunan tahun 2025 diantaranya pertama peningkatan kualitas SDM yang berdaya saing, kedua  percepatan pembangunan infrastruktur air bersih dan sanitasi, ketiga meningkatkan ketahanan terhadap bencana melalui penguatan kualitas lingkungan hidup, keempat memperkuat kualitas pelayanan publik, serta kelima memperkuat ketahanan ekonomi berbasis potensi daerah dan pemberdayaan masyarakat. 

Kemudian, rencana prioritas program dan kegiatan di tahun 2025 yakni pertama pengendalian inflasi, kedua penurunan angka kemiskinan dan penghapusan kemiskinan ekstrem, ketiga penurunan stunting, keempat peningkatan penerapam SPM (Standar Pelayanan Minimal). 

"Perkuat kerjasama, kolaborasi, dan kemitraan antar para pihak, sehingga dokumen RPJPD dan RKPD ini nantinya tidak saja menjadi dokumen milik pemerintah, tetapi menjadi dokumen milik kita bersama," ucap Rene. 

Sementara itu, dalam arahan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Barat Ignasius IK berharap melalui Musrenbang Kabupaten Kayong Utara tahun 2024 ini, dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang mengedepankan aspirasi dan pandangan dari masyarakat Kabupaten Kayong Utara. 

"Musrenbang ini akan disepakati program dan kegiatan prioritas daerah yang akan dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Kayong Utara pada tahun 2025 nanti," jelas Ignasius. 

"Saya berharap melalui Musrenbang kali ini juga dihasilkan keputusan-keputusan yang mengedepankan aspirasi dan pandangan dari masyarakat Kabupaten Kayong Utara. Semoga kegiatan hari ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi kita semua," tambah Ignasius.

Sumber : Prokopim Setda KKU
Publisher : Darius Tarigan