Menurun pengajuan dokumen paspor di KJRI Kuching Sarawak Malaysia selama bulan Ramadan 1445 H.

“Pelayanan setiap hari kerja, untuk bulan Ramadan ini pengajuan dokumen paspor dan surat perjalanan laksana paspor (SPLT) diangka 50 hingga 60 pemohon. Jika dibandingkan dengan bulan lalu pasca pemilu bisa mencapai 150 hingga 300 orang perhari yang mengajukan permohonan dokumen,”ungkap Staf Teknis Imigrasi di KJRI Kuching, Tri Hernanda Reza, Jumat (22/3/2024).

Disampaikan Tri Hernanda Reza menurunnya permohonan dokumen paspor di KJRI karena WNI yang berada di Sarawak memilih mudik lebih awal ke tanah air sebelum bulan Ramadan lalu untuk menyambut puasa hingga merayakan Idul Fitri mendatang. Untuk total jumlah pengajuan dokumen dari Januari hingga Maret sudah diangka 3.352 orang.

“Pasca Idul Fitri mendatang dipastikan pengajua dokumen dipastikan meningkat di KJRI Kuching, dokumen paspor penting bagi WNI di luar negeri sebagai identitas diri.” ucap Tri Hernanda Reza.

Dijelaskan Tri Hernanda Reza KJRI Kuching juga rutin memberikan pelayanan jemput bola diladang sawit untuk permudah WNI yang bekerja mendapatkan dokumen paspor. Dia juga mengingatkan dan menghinbau kepada WNI yang berniat bekerja di Luar Negeri untuk melengkapi dokumen perjalanan agar tidak tersandung kasus hukum di Luar Negeri. 

Sumber : Agus Alfian
Publisher : Darius Tarigan