Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya, menyampaikan beberapa pesan penting dalam sambutannya pada rangkaian kegiatan Pengajian Bulanan Pemkab Kayong Utara dan Safari Ramadhan 1445 H di Aula Pondopo Bupati Kayong Utara, Kamis (28/3/2024).

Romi Wijaya menegaskan bahwa mendukung dan memperkuat pelaksanaan ibadah bagi umat merupakan salah satu fungsi utama pemerintah.

"Kegiatan ini merupakan wujud dari tanggung jawab pemerintah untuk memfasilitasi dan mendukung umat beragama. Salah satu fungsi pemerintah adalah untuk memperkuat aqidah dan mendukung pelaksanaan ibadah bagi masyarakat," terangnya.

Lebih lanjut, Romi Wijaya mengingatkan bahwa hibah yang diberikan kepada Baznas KKU (200juta), LPTQ, PHBI, PWRI, Lembaga Rumah Dhuafa Asheeqa dan Rumah Tahfidz Qur'an adalah uang negara yang harus dipergunakan sesuai perencanaan yang telah disepakati.

"Penerima hibah bertanggung jawab secara administratif dan substantif atas penggunaan dana tersebut. Ini perlu saya ingatkan agar dana tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya," tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Romi Wijaya juga berharap kepada seluruh peserta pengajian untuk memanfaatkan momen Ramadhan ini untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Marilah kita manfaatkan bulan Ramadhan ini untuk meningkatkan kualitas diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT," ajaknya.

Sementara itu, Prof. DR. KH. Syarif MA, yang hadir sebagai penceramah, menyampaikan tausiah tentang makna dan hikmah puasa.

"Puasa bukan hanya tentang menahan lapar dan dahaga, tetapi juga menahan diri dari hawa nafsu dan perbuatan maksiat. Puasa dapat membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik," paparnya.

Sumber : Prokopim
Publisher : Darius Tarigan