SMK KATOLIK SANTA MARIA PONTIANAK, berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan berorientasi pada kebutuhan industri. Salah satu wujudnya adalah dengan pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang diselenggarakan pada 18 – 20 April 2024.

UKK tahun ini diikuti oleh seluruh siswa kelas XII Program Multimedia . Sama dengan tahun sebelumnya, UKK kali ini menghadirkan penguji eksternal dari industri terkait yakni Lembaga Penyiaran Publik, LPP TVRI Stasiun Kalimantan Barat. selain dari penguji yang dari dalam itu sendiri.

Kerjasama dengan penguji eksternal ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar industri dan siap untuk memasuki dunia kerja. Para penguji memberikan penilaian berdasarkan praktik kerja dan teori yang telah dipelajari siswa selama di sekolah.

Kepala Sekolah SMK Katolik Santa Maria Pontianak, Wisyie Naana, S.S., S.E., S.H., M.Pd, menegaskan bahwa UKK merupakan salah satu indikator keberhasilan program pembelajaran di sekolah.

“Dengan menghadirkan penguji eksternal, kami ingin memastikan bahwa lulusan SMK Katolik Santa Maria Pontianak memiliki kualitas yang mumpuni dan siap bersaing di dunia kerja,” ungkapnya.

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan sebagai bagian dari proses pembelajaran di SMK di tingkat terakhir.

 “Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bertujuan diantaranya adalah satu untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh, kedua , memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dan/atau sertifikat uji kompetens, ketiga, mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, serta keempat yakni memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia kerja dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebu tuhan dunia kerja, karenanya kami melibatkan pihak luar sebagai assessor atau penguji” pungkasnya.

 Sumber : Beny kurnia & Anggie
Publisher : Darius Tarigan