Komandan Lantamal XII, Laksamana Pertama TNI Suharto, berserta unsur Forkopimda Kalimantan Barat, dan Ketua Korcab XII DJA I beserta pengurus menyaksikan kegiatan Demo Manuver Latihan Pencarian dan Penyelamatan di Laut (SAR) TA. 2022, Koarmada I di Dermaga Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak, Kamis (10/03/2022).


Latihan Pencarian Dan Penyelamatan di Laut (SAR) TA. 2022, yang dibuka oleh Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., pada Senin (07/03) melaksanakan Puncak Latihannya dengan menggelar semua unsur meliputi KRI Kapitan Patimura, KRI Siribua, KRI Krait, Kal Sambas, Kal. Lemukutan serta Sea Reader 12 Meter dan 6 Meter, dan 2 unit Unsur Udara CN 235, dan Helly HS 1311.


Latihan ini guna mewujudkan profesionalisme prajurit koarmada I yang sigap dan handal dalam melaksanakan pencarian dan pertolongan pada kecelakaan dilaut, sesuai harapan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.



Dalam Pelaksanaan Demo Manuver Latihan pencarian Dan Penyelamatan di Laut (SAR) TA. 2022 Koarmada I, diskenariokan ada sebuah kapal bernama KM Kelimut broadcast signal distress kepada Basarnas dan Syahbandar Pontianak bahwa telah terjadi kecelakaan laut berupa kebocoran pada haluan lambung kanan kapal akibat benturan dengan benda keras di posisi 00.00.57 LS/109.20.13 BT.  Kemudian UT. Laut WA dermaga Satrol Lantamal XII menuju titik RV. dengan koordinat 00° 00’ 43” LS - 109° 19’ 53” BT. Mendapat laporan dari KM. Kalimutu, Basarnas berkoordinasi dengan Panglima TNI untuk perbantuan unsur SAR laka laut KM. Kalimutu di Laut Natuna Selatan dengan koordinat 00° 00’ 57” LS - 109° 20’ 13 BT. Selanjutnya Panglima TNI memerintahkan Pangkoarmada I membentuk Satgas SAR laut laut KM. Kalimutu di Pontianak.



Kemudian Pangkoarmada I membentuk Satgas SAR, memerintahkan Danlantamal XII untuk membentuk Satgas di Pontianak  laka laut KM. Kelimutu dan mem BKO kan unsur KRI Koarmada I untuk melaksanakan SAR, dan kemudian secara sistimatis semua pelaku mendemonstrasikan bagaimana cara melakukan Operasi SAR kecelakaan dilaut, baik unsur SAR Laut, demikian juga Unsur SAR Udara, serta bagaimana tindakan yang dilakukan Tenaga Medis yang ada Posko Kesehatan  melakukan penangganan secara cepat dan tepat terhadap semua korban.  Latihan ini juga bertujuan untuk mengetahui kesiapan semua unsur yang ada di Kalimantan Barat jika sewaktu-waktu terjadi kejadian yang sebenarnya.


"Seperti itulah kronologis yang dilakukan semua unsur  Demo Manuver Latihan pencarian dan Penyelamatan di Laut (SAR) TA. 2022, Koarmada I, kiranya apa yang dilakukan hari ini boleh menjadi bekal bagi seluruh prajurit Lantamal XII serta semua instansi yang terlibat dalam latihan ini. Harapannya seperti pesan Bapak Presiden dalam suatu kesempatan bahwa untuk menjadi prajurit yang profesional hal utama yang dilakukan yaitu terus berlatih dan berlatih dan terus berlatih", ujar Danlantamal XII.


Unsur Forkopimda yang hadir antara lain Kapolda Kalbar, Irjen. Pol. Drs. Suryanbodo Asmoro, Pangdam XII/Tpr, diwakilkan LO Kodam XII/Tpr, Kolonel Mar Sugiharto, Danlanud Supadio, diwakilkan Danwing 7 Lanud Supadio Kolonel Pnb Dedy Supriyanto, S.E., Kajati Kalbar, DR. Masyhudi, S.H., M.H.,  Ketua DPRD Prov Kalbar, M. Kebing L., Wadan Lantamal XII, Kolonel Laut (P) Suhendro,S.A.P., M.Si. (Han), beserta PJU Lantamal XII, Para Asisten Danlantamal XII, Kasubdit Patroli Airud Polda Kalbar, AKBP Irfan Prastowo Adi, S.Pd., Letkol Bakmla Arief,  Kadinkes Prov. Kalbar, drg. Hary Agung Tjahyadi, Ka. PSDKP Pontianak, diwakilkan Kasie Bpk. Nur Ilham,  Ka Subseksi Ops dan Siaga Basarnas Pontianak, Eryk Subariyant, S.T., Ka. KSOP Pontianak, diwakilkan Kasie LaLa Bpk. Eka, ASDP Pontianak, Ka. RS. wilayah kota Pontianak, Ketua PODSI Kalbar, BMKG Pontianak, Bpk. Ekih Hermawan, serta Ketua Jalasenastri Korcab XII DJA I Ny. Reni Suharto beserta pengurus Jalasenastri Korcab XII DJA I.


Sumber : Dispen Lantamal XII, Koarmada I

(Media Baru TVRI Kalbar)