Terkait adanya rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Pulau Kalimantan mempengaruhi banyak sektor termasuk keamanan wilayah laut Indonesia. Untuk itu disela-sela pelaksanaan upacara pembukaan latihan pencarian dan penyelamatan di laut (SAR) di Pontianak, Pangkoarmada 1 Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P. menyebutkan TNI AL akan memperkuat unsur-unsur pertahanan laut di Balik Papan. Ia menuturkan selain memperkuat Lanal yang ada di Balik Papan dan Lantamal XIII Tarakan, Komando Armada RI yang saat ini berada di Jakarta akan ditempatkan di Provinsi Kalimantan Timur.

 

“Khusus wilayah Kalimantan Barat, tetap kita akan perkuat dan melakukan revitalisasi-revitalisasi serta meningatkan alutsista laut di Lantamal XII Pontianak. Untuk wilayah perbatasan Indonesia, Malaysia, Singapura dan India hingga saat ini kita tetap mengerahkan unsur untuk melaksanakan patroli menggunakan KRI dan pesawat udara dalam mencegah pelanggaran wilayah dan penangkapan ikan secara illegal”, ujar Pangkoarmada 1 Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P usai memimpin apel gelar pasukan dalam rangka latihan SAR laut di Dermaga Pelabuhan Dwikora Kota Pontianak, Senin (7/3/2022).

 

Penguatan pertahanan dan keamanan wilayah laut yang berdekatan dengan IKN Nusantara adalah untuk menjawab berbagai macam tantangan termasuk menjaga potensi kekayaan laut wilayah barat Indonesia.

 

 Penulis : Darius Tarigan

(Media Baru TVRI Kalbar)