Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Raya Aiptu Sopoyono melaksanakan sambang ke Balai Karantina Hewan Kelas I Pontianak yang beralamatkan di Gg, Kelapa Dua Desa Madu Sari, Kecamatan Sungai Raya Kab Kubu Raya, Kamis (19/5/2022). 


Selaku Bhabinkamtibmas Desa Madu Sari Aiptu Sopoyono melakukan sambang ke Balai Karantina Hewan kelas I Pontianak untuk berkordinasi tentang perkembangan 47 hewan ternak (sapi) yang sedang diawasi dari penyakit (PMK) atau foot and mouth desease (FMD). Kedatanggannya langsung diterima oleh drh. Devi Kusuma Ningrum, M.H., selaku penanggung jawab di Balai Karantina Hewan Kelas I Pontianak.


Aiptu Sopoyono mengatakan, perkebangan 47 hewan ternak (sapi) yang diawasi oleh Balai Karantina Hewan Kelas I Pontianak yang awalanya suspec PMK mulai menunjukan kesembuhan.


Perkembangan tersebut karena pihak Karantina Hewan Kelas I Pontianak sejak awal melakukan terapi suppotif kepada 47 ekor sapi yang diawasi tersebut.


"Terapi suppotif yang kami lakukan dengan cara memberikan antibiotik, anti radang, anti alergi, multivitamin dan melakukan penyemprotan disinfektan setiap harinya disemua area kandang di Balai Karantina Hewan Kelas I Pontianak", kata drh. Devi Kusuma Ningrum, M.H.


"Hasil dari treadmill yang kami lakukan membuahkan hasil yang sangat baik dalam mencegah PMK, sekarang kondisi dari 47 hewan ternak mengalami kesembuhan yang ditandakan air liur yang berlebihan pada hewan sapi sudah tidak lagi, demam pada hewan ternak sudah membaik dan nafsu makan ke 47 hewan ternak normal. Dalam hal pencegahan PKM kami akan lakukan yang terbaik, jadi untuk masyarakat kususnya penggiat peternakan jangan panik", pungkasnya. 


Sumber : Dodik_Humas Polres Kubu Raya
(Media Baru TVRI Kalbar)