Sebanyak 14 kontingen hadir dalam pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Barat yang diselenggarakan di Stadion Sultan Syarif Abdurahman Pontianak, Sabtu (19/11/2022) sore.

Selain Gubernur Kalimantan Barat, acara pembukaan juga dihadiri oleh Ketua KONI Pusat Letjen (Purn) Marciano Norman.


Ketua KONI Kalimantan Barat mengatakan, Porprov ini adalah wadah meningkatkan kualitas atlet untuk berkontribusi pada tingkat nasional.

Ia juga menyampaikan Porprov ini merupakan terbesar yang diikuti 6.864 atlet dari 47 cabang. Terdiri ofisial, wasit, dan juri serta tim media serta tim kesehatan.


"Seluruh atlet telah diasuransikan sesuai ketentuan. Ini juga menjadi starting point untuk meningkatkan kualitas diri para atlet Kalbar", kata Fachrudin D. Siregar.


Sementara Ketua Umum KONI Pusat, Letjen (Purn) Marciano Norman menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Kalbar atas kerjasama dengan KONI Kalbar. Sehingga perhelatan olahraga dari berbagai cabang olahraga dapat terlaksana.

Ketua KONI Pusat menuturkan, selama pandemi covid 19 pembinaan prestasi olahraga terganggu. Untuk itu katanya, kedepannya banyak event yang dapat diikuti mulai dari Sea Games, Asean Games 2023 nanti.


"Pekan olahraga melahirkan atlet yang berjaya di kompetisi nasional maupun internasional. PON ke 21 nanti di Aceh, diharapkan tiap kabupaten paling sedikit membina dua cabang olahraga unggulan. Kita yakin atlet Kalbar dapat menjadi andalan nasional dimasa yang akan datang", tuturnya.



Harapan yang sama disampaikan Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, bahwa yang penting pada pertandingan ini adalah kejujuran, disiplin dan kemampuan.

Oleh karena itu, ia memberikan apresiasi dan penghargaan kepada kontingen Kapuas Hulu yang rela berhujan saat seremoni pembukaan masih berlangsung.

Gubernur Kalbar langsung menyebutkan nilai uang pembinaan kepada kontingen yang Kapuas Hulu sebesar Rp.15.000.000, karena ia menilai kontingen tersebut sangat disiplin.


"Karakter atlet yang berkualitas dan bermartabat dapat mewarnai Indonesia dikancah dunia melalui olahraga dimasa yang akan datang", pungkasnya.


Penulis : Darius Tarigan
(Media Baru TVRI Kalbar)