Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., memberikan sambutan pada kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52 Tingkat Provinsi Tahun 2024 di Gedung Pontianak Convention Center Pontianak, Jumat (26/4/2024).

Dengan terlaksananya kegiatan ini dapat membawa semangat dan energi baru pada setiap langkah seluruh kader PKK untuk bergerak bersama mensukseskan program program pemerintah. Atas dasar inilah, sehingga Tema Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52 Tahun 2024 ini adalah “Bergerak Bersama PKK, mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”. Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia. 

Gerakan PKK sendiri merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah yang pengelolaannya dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat. Hal ini sejalan dengan Permendagri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK sebagai mitra pemerintah. Melalui sinergi dengan pemerintah, PKK dapat mendukung program-program pemerintah dan pemerintah daerah hingga ke tingkat keluarga, meningkatkan kesejahteraan, dan memberdayakan perempuan. 

Dengan melibatkan peran TP PKK, program-program pemerintah di tingkat daerah dapat lebih terpadu dan efektif. Kader PKK memiliki peran strategis dalam mendukung program kerja pemerintah, termasuk dalam bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

Gerakan PKK pada hakekatnya merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsip kerja partisipatif. Melalui Gerakan PKK, peran aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan, maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri.

Hal tersebut harus menjadi perhatian dan kepedulian segenap jajaran Tim Penggerak PKK, karena mempunyai dampak langsung terhadap Program Kerja PKK, sehingga perlu menjadi bahan pertimbangan dan rujukan dalam pengelolaan Program Gerakan PKK. 

Dalam sambutannya Harisson menyampaikan Bulan Bhakti Gotong Royong adalah momentum untuk mengingat arti penting gotong royong. Semangat ini perlu ditanamkan kepada generasi muda yang akan menorehkan tinta sejarah di masa mendatang.  

"Semangat bergotong royong harus kita tanamkan sejak dini dalam proses pendidikan anak-anak. Sejak di bangku sekolah mereka harus dibiasakan untuk bermusyawarah mufakat dan saling membantu sesama dalam bekerja. Itulah sebabnya semangat gotong royong harus diajarkan melalui kegiatan praktik-praktik nyata dan bukan sekadar wacana. Budaya gotong royong pada generasi muda dapat ditanamkan mulai dari tingkat keluarga. Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat merupakan madrasah atau tempat belajar pertama bagi anak-anak. Oleh sebab itu, kondisi suatu keluarga menjadi tolok ukur bagi kesejahteraan masyarakat pada umumnya," ujarnya.

Lanjutnya, pada peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK yang ke-52. Harisson menyampaikan bahwa tujuan peringatan HKG PKK ini adalah agar mengingat peran keluarga, lebih khusus kepada peran ibu/peran perempuan dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera. Keluarga yang kuat akan mampu membangun masyarakat, membangun bangsa yang maju dan sejahtera. 

"Sebagai mitra pemerintah, PKK berperan penting dan strategis dalam menyukseskan pelaksanaan dari program-program pemerintah di tengah masyarakat. PKK sebagai organisasi dengan struktur yang jelas dari tingkat pusat sampai ke dasa wisma, memiliki peran dalam mendiseminasi serta mengimplementasikan program pemerintah melalui 10 Program Pokok PKK, yang berkontribusi untuk meningkatkan derajat kesehatan keluarga, ekonomi keluarga, kerja sama, dan keterampilan keluarga, serta turut serta untuk melestarikan lingkungan," imbuhnya.

Pj Gubernur Kalbar turut memberikan apresiasi kepada anggota PKK terutama kaum perempuan dan para ibu di Kalbar yang telah berbakti kepada negara dengan Program kegiatan yang sudah ditetapkan oleh PKK itu sendiri 

"Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan apresiasi kepada para ibu dan kaum perempuan, para penggiat dan pegiat PKK di seluruh Kalimantan Barat yang telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat tanpa kenal lelah dan penuh semangat," pujinya. 


Di tempat yang sama, Pj Ketua PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, turut membacakan arahan dari Ketua Umum PKK, Ibu Tri Tito Karnavian.

“Sebagaimana Visi TP PKK yaitu Terwujudnya Keluarga yang Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia dan Berbudi Luhur, Sehat Sejahtera Lahir dan Batin, saya berharap agar kiranya kita dapat mengembangkan program-program PKK di daerah masing-masing, sehingga senantiasa sejalan dengan program-program Pemerintah dan Pemerintah Daerah. Melalui 10 Program Pokok PKK, Tim Penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah, pemerintah daerah, maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan”, ucapnya membacakan Sambutan tersebut.

Untuk memperkuat hal tersebut dirinya mengingatkan ada 3 (tiga) hal yang perlu mendapat perhatian penting dari semua kader PKK. Pertama memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, kedua mengoptimalkan Potensi Gerakan Masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat Pembangunan Nasional dan Daerah fan yang ketiga pencapaian PKK dalam pelaksanaan Rencana Induk Gerakan PKK Tahun 2021-2024. 

“Perhatian kita pada hal pertama, memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang mempunyai peran besar dalam proses pembangunan dan keluarga juga dapat dijadikan tolok ukur kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Selanjutnya, pemberdayaan keluarga pada prinsipnya merupakan langkah strategis yang ditempuh oleh kader PKK dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga secara menyeluruh”, tambahnya.

Secara konseptual, pemberdayaan keluarga merupakan upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat keluarga, terutama keluarga tidak mampu atau keluarga yang tidak dapat mencapai tujuan kehidupan berkeluarga. Untuk dapat membina keluarga secara langsung dan menjangkau sasaran sebanyak mungkin, dibentuk Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), yang mekanisme gerakannya dikelola dan dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK di setiap jenjang pemerintahan. 

“Selanjutnya perhatian pada hal kedua, Mengoptimalkan Potensi Gerakan Masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat Pembangunan Nasional dan Daerah. Pengintegrasian program/kegiatan PKK ke dalam dokumen perencanaan dan anggaran daerah melalui sinergisitas antara PKK dan pemerintah harus mampu mengoptimalkan Gerakan PKK dalam percepatan Pembangunan Nasional dan Daerah”, tambahnya.

Mengakhiri sambutannya, Ia berharap agar TP PKK dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi Gerakan PKK Tahun 2021-2024 yaitu “Terwujudnya Keluarga Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman, dan Bertaqwa menuju Indonesia Maju 2024”. 

“Besar harapan saya agar kita dapat Saya percaya, bahwa hal yang Saya sampaikan dalam kesempatan ini dapat dilakukan oleh Tim Penggerak PKK di semua level pemerintahan, baik di provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan Desa/Kelurahan beserta segenap jajaran pengurusnya”, tutupnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan penyerahan hadiah Lomba HKG PKK ke- 52 tingkat Provinsi tahun 2024. Adapun para pemenang dari masing - masing lomba tersebut yakni:

I. Lomba Paduan Suara:
   Juara 1. Kab Landak
   Juara 2. Kab Melawi
   Juara 3. Kab Sekadau
   Juara Harapan I Kab ketapang

II. Lomba Cerdas Cermat
   Juara 1. Kab Landak
   Juara 2. Kab Kubu Raya
   Juara 3. Kab Sintang
   Juara Harapan I. Kota Pontianak

III. Lomba Jingle Gelari Pelangi
     Juara 1. Kab Sekadau
     Juara 2. Kab Melawi
     Juara 3. Kab Sintang
     Juara Harapan I. Kab Bengkayang
IV. Lomba Memasak Menu Pangan Lokal

     Juara 1. Kab Mempawah
     Juara 2. Kota Pontianak
     Juara 3. Kota Singkawang
     Juara Harapan 1 . Kab Landak

V. Lomba Senam Cuci Tangan 
     Juara 1. Kab Sambas
     Juara 2. Kab Ketapang
     Juara 3. Kab kayong Utara
     Juara Harapan 1. Kota Singkawang

Dengan hasil tersebut Juara Umum HKG PKK Ke- 52 tingkat Provinsi tahun 2024 diraih oleh Kabupaten Landak, yang sekaligus akan menjadi Tuan Rumah pada pelaksanaan Peringatan HKG ke-53 Tahun 2025 mendatang. 

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Anggota Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat, Bupati, Penjabat Bupati/Penjabat Wali Kota se-Kalimantan Barat/ yang mewakili, anggota Forkopimda Kota Pontianak, Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak, Direktur Utama Bank Kalbar, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat, Camat se-Kota Pontianak, Pengurus dan anggota, serta kader Tim Penggerak PKK Provinsi, Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat dan Tamu undangan lainnya.(ais)

Sumber : Adpim Prov Kalbar 
Publisher : Darius Tarigan